Kamis, 10 Februari 2011

POS PAUD TERPADU SANTHA BUDHI‘

P1170004

DALAM KELEMBAGAAN PKBM MITRA FAJAR LESTARI DI KARANGASEM- BALI

Mencoba Membuat Model Kegiatan Terpadu antara POSYANDU, BKB ( Bina Keluarga Balita) dan Lembaga Lainnya Di Desa Tegallinggah.

POS PAUD SANTHA BUDHI dibawah naungan PKBM Mitra Fajar Lestari, mencoba mengajak semua komponen kelembagaan yang ada di Desa seperti POSYANDU, BKB ( Bina Keluarga Balita ) khusus para Kadernya membuat Kegiatan terpadu secara bersamaan di suatu tempat Komunitas berkumpul di Balai Banjar. Kegiatan ini merupakan program Button Up, sebagai upaya untuk lebih menyinkrunkan kegiatan sehingga menjadi lebih efektif.

P1170028Kenapa Kegiatan Terpadu …?, agar waktu ibu-ibu selaku Masyarakat tidak habis w aktunya untuk menghadiri bermacam-macam kegiatan Sosial dari yang berupa Pertemuan, Rapat, Arisan, Pembinaan dan lain sebagainya yang tentunya banyak menyita waktu khusunya ibu-ibu sebagai pembantu Keluarga dalam hal membantu suami dalam menambah Penghasilan / pendapatan Keluarga.

Dengan adanya kegiatan Terpadu ini pihak Lembaga PKBM Mitra Fajar Lestari berharap kegiatan ini tidak bermanfaat untuk anak-anak saja, juga yang tak kalah pentingnya juga bagaimana selaku orang Tua harus belajar dari keluguan dan kepolosan seorang Anak, Betapa tidak ditengah gencarnya Pemerintah membuat program menggarap anak usia Dini, memberikan pondasi dasar pendidikan yang kuat, laksana menulis dikertas yang masih kososng.

P1170017Harapan dengan kegiatan POS PAUD terpadu dengan Layanan POSYANDSU, nantinya Posyandu tidak hanya memberikan pelayanan bagi kaum ibu yang mmpunyai balita saja melainkan ditambahi kegiatan berupa penimbangan, penyuluhan, dan pemberian makanan tambahan, tetapi fungsinya ditingkatkan. Yaitu sebagai wadah yang menampung program-program yang berkaitan langsung dengan masyarakat dan khususnya pendidikan. Misalnya, pelayanan balita, bina keluarga balita (BKB), keaksaraan fungsional (KF), dan pendidikan anak usia dini (PAUD). Singkatnya, di mana ada kegiatan POS PAUD , maka di situ juga diusahakan ada kegiatan BKB-PAUD. Dengan demikian, tidak hanya anak yang akan mendapatkan manfaatnya, tetapi juga para orang tua (ibu-ibu) yang juga akan merasakan manfaat keberadaan POS PAUD terpadu ini.

Dari pihak Lembaga PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mitra Fajar Lestari mengajak semua komponen Lembaga / Dinas/ kantor Instansi terkait , seperti Perpustakaan Keliling Pemkab, Kantor Pemberdayaan Perempuan, Dinas Sosial dan Dinas Teknis lainnya bisa melakukan kegiatan secara terpadu, sehingga program yang selama ini kurang koordinatif, akan menjadi terpadu, komprehensif dan berkelanjutan

P2180013 P2180014
P2180011 P2180010

Pada kegiatan ini juga PKBM mencoba mengajak dari pihak Pengelola Mobil Pintar dan Perpustakaan Keliling yang dikelola  Kantor Perpustakan dan Arsip Daerah,  untuk melengkapi dari sisi  ketersediaan buku-buku, majalah  yang didukung dengan perangkat Tekbologi Informasi / Internet.

Kegiatan dilakukan di Balai Banjar Tegallinggah. betapa antusis Orang Tua mengajak anak-anaknya datang mengikuti kegiatan.

Pos paud-1 Pos Paud -2
Pos PAUD 3 Ibu Bidan Desa
Kader lagi meninbang Balita Menimbang Balita
Kader POS PAUD Kader Pos PAUD 2

Bagi pihak-pihak yang ingin sharing/ berbagi pengalaman atau pihak-pihak yang punya kepedulian bagi pendidikan, seperti pihak Perbankan, BUMN, atau Lembaga Yayasan yang mempunyai program  khususnya Anak Usia Dini, kami dari pihak Lembaga PKBM siap melakukan kerjasama membuat kegiatyan secara terpadu.

1 komentar:

BMG(Belajar Mandiri Geratis) mengatakan...

Salut dengan kegiatan Pos Paudnya..semoga dapat dicontoh PKM dan paud didaerah lainnnya..terima kasih salam kenal dari Kalimantan.. semoga PKM Mitra Pajar Lestari sukses selalu.

Posting Komentar