Selasa, 08 Februari 2011

Yayasan “MITRA FAJAR LESTARI “,

Lembaga Yang Mandiri dan Mengakar di Masyarakat ( LM3 ) Merupakan PASRAMAN TERPADU ,

P1250028 Apa yang terbayang dibenak Masyarakat kebanyakan /awam begitu mendengar Yayasan , Pasraman atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM )…? Gambaran sekilas mungkin akan terpikirkan bahwa Yayasan , Pesraman dan PKBM adalah seolah-olah merupakan Lembaga yang berdiri sendiri-sendiri dan tidak saling keterkaitan. Yayasan Mitra Fajar Lestari merupakan sebagai Pusat kegiatan Belajar Masyarakat( PKBM ) dengan Legalitas Akte Pendirian sebuah lembaga Yayasan dengan nama “Mitra Fajar Lestari” yang menjalankan fungsi sebagai Pusat kegiatan Belajar Untuk Masyarakat yang mengambil pendekatan program berbasis Budaya dengan dijiwai oleh Agama Hindhu dan Nilai-Nilai Luhur yang berkembang di Masyarakat. Yayasan Mitra Fajar Lestari adalah Lembaga yang tumbuh Button Up, yang merupakan Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3) yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dengan kegiatan meningkatkan gerakan moral melalui kegiatan pendidikan dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

P1250031 Ditengah-tengan cara berpikir kita yang terbiasa terkotak-kotak (tidak terpadu dan komprehensif), kami dari Lembaga Yayasan membuat terobosan membentuk suatu lembaga Kemasyarakatan yang mana programnya menyentuh Masyarakat dengan Pendekatan “Minim Struktur Tetapi Kaya Fungsi” bukan sebaliknya “ Kaya Struktur tapi minim Fungsi” dengan pendekatan Komunitas dan Budaya. Hal ini kami lakukan mengingat Program yang sampai di Masyarakat kalau bersentuhan dengan Program Pemerintah sering kurang keterpaduan tidak digarap secara komprehensif dan tidak berkelanjutan, hal inilah yang menyebabkan Program yang sifatnya Top Down sering kurang berhasil dalam aplikasinya di Masyarakat.

om_swastiastuYayasan Mitra Fajar Lestari sebagai Lembaga Mandiri Yang Mengakar di Masyarakat (LM3) yang dalam gerakannya sebagai Pusat kegiatan Belajar Masyarakat, Pendidikan kemasyarakatan khususnya pendidikan Non Formal dengan pendekatan Budaya Seperti Pesraman, hal ini dimaksudkan agar pemahaman tentang Pesraman kedepannya tidak hanya terkesan memberikan ilmu tentang Agama Hindhu saja, tetapi didalam Lembaga Pesraman diajarkan berbagai Ilmu menyangkut pendidikan Usia Dini, Kesetaraan, Life Skill dan Pembelajaran Usaha dilengkapi dengan Pemahaman Pondasi Agama dengan Pendekatan dan kearifan Budaya Lokal, dan mnyesuaikan dengan perkembangan Teknologi dalam konteks Global..

P1170003 P1170016

Dalam pelaksanaan Program, untuk mewujudkan diri sebagai Lembaga Yang Mandiri dan Mengakar di Masyarakat seperti Konsep LM3, kami dari Kelembagaan ada Bidang yang khusus mebidangi tentang Pengembangan Usaha dengan Pendekatan Kewiraswastaan Sosial dalam bentuk kelompok atau Koperasi. Dalam kontek Usaha kami melakukan pendekatan melalui Komunitas dan Kerjasama antar Jaringan.

100_1012 DSC02041
P1150038

Pada periode terdahulu banyak program yang diperuntukkan untuk pengembangan Desa dari Pemerintah namun hampir sebagian besar programnya berupa pendekatan dari atas (Top Down) sehingga begitu program dilaksanakan ,justru masyarakat tidak tahu dan merasa tidak dilibatkan serta merasa hanya dipakai sebagai obyek bukan subjek sehingga peran partisifatif masyarakat dan rasa memiliki program tidak begitu nampak. Begitu pula peran pemerintah dalam menciptakan magnet-magnet penarik di Desa belum begitu optimal.

100_0446 Pemerintah dari Atas dari masing-masing Dinas membentuk Organisasi yang berbeda-beda, padahal sering fungsi yang satu dengan lainnya terasa tumpang tindih. Dan ironisnya Lembaga yang disuruh membentuk tanpa diikuti oleh Petunjuk yang jelas dan tanpa sumber Pendanaan. Jadi terkesan Pembentukan Lembaga Masyarakat asal dibentuk saja tanpa adanya keberlanjutan. Dan juga persoalannya dengan sangat minimnya SDM yang ada menambah tidak berfungsinya Lembaga tersebut.

DSC02337 DSC02330

Untuk Informasi lainnya anda bisa buka web : www.organikbali.com , www.karangasemcraft.com , www.tegallinggah.wordpress.com .

Siapa yang memberikan masukan / saran silahkan email prusugi@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar